mengenal kayu rasamala dalam aquascape

Mengenal Kayu Rasamala Yang Sering Digunakan Dalam Aquascape

Kami akan mengupas tuntas tentang kayu rasamala, jenis kayu alami yang populer dalam dunia aquascape.

Kayu ini memiliki karakteristik visual yang menarik serta tahan lama di dalam air.

Mulai dari penjelasan singkatsejarah penggunaannya dalam aquascape, hingga harga dan cara perawatannya, semuanya akan kami bahas secara detail.

Apa Itu Kayu Rasamala?

kayu rasamala aquascape

Kayu rasamala (Altingia excelsa) adalah jenis kayu yang berasal dari pohon Altingia excelsa, yang tumbuh di hutan hujan tropis Asia Tenggara. Kayu ini memiliki tekstur yang unik, dengan corak dan warna yang bervariasi.

Kayu rasamala dikenal memiliki kemampuan untuk bertahan lama di dalam air tanpa cepat membusuk.

Sifat ini membuat kayu rasamala banyak diminati untuk digunakan dalam dunia aquascape.

Mengapa Kayu Rasamala Populer dalam Aquascape?

Pada umumnya kayu rasamala yang digunakan dalam aquascape adalah bagian akar nya saja, dan masih kayu yang berukuran kecil, belum mencapai ukuran kayu untuk produksi mebel atau semacam nya.

Karakteristik akar kayu yang memiliki banyak cabang dan unik menjadi daya tarik utama dari kayu jenis ini.

Perlu Anda ketahui juga dalam dunia aquascape nama dari kayu rasalama biasa nya hanyalah nama pasar saja untuk akar pohon kecil yang sudah dikeringkan.

Selain itu kayu rasamala dapat dengan mudah didapatkan ditoko aquarium maupun lewat toko online, dan harganya yang jauh lebih terjangkau dari pada kayu santigi menjadi salah satu faktor mengapa kayu ini populer dalam kalangan aquascaper.

Sifat Alami Kayu Rasamala

Salah satu alasan utama mengapa kayu rasamala populer dalam aquascape adalah karena sifat alaminya yang tahan lama di dalam air.

Kayu rasamala tidak mudah membusuk atau rusak, bahkan dapat bertahan selama bertahun-tahun di dalam aquarium.

Selain itu, kayu rasamala juga memiliki karakteristik yang unik dari akar kayu yang mempunyai banyak cabang, memberikan sentuhan visual yang menarik pada desain aquascape.

Kemudahan Perawatan Kayu Rasamala

Selain sifat alaminya yang sesuai, kayu rasamala juga relatif mudah untuk dirawat dan digunakan dalam aquascape.

Para aquascaper tidak perlu melakukan perawatan yang rumit untuk menjaga kualitas kayu rasamala di dalam aquarium.

Cukup dengan menjaga kebersihan aquarium dan memastikan kayu rasamala tidak terkena cahaya matahari langsung, aquarium dapat terus terlihat indah dan alami.

Variasi Ukuran Kayu Rasamala Dalam Aquascape

Dalam dunia aquascape, tidak semua kayu rasamala (Altingia excelsa) memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

Terdapat beberapa variasi ukuran kayu rasamala yang dapat dimanfaatkan oleh para aquascaper, masing-masing dengan karakteristik dan kelebihan tersendiri.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai variasi ukuran kayu rasamala yang sering digunakan dalam aquascape.

Rasamala Besar

Rasamala Besar
kayu rasamala XL

Ukuran kayu rasamala besar merupakan pilihan yang populer di kalangan aquascaper.

Ukurannya yang relatif lebih besar memberikan kesan kokoh dan berbobot dalam desain aquarium.

Kayu rasamala besar juga memiliki tekstur dan corak yang lebih terlihat menonjol, sehingga dapat menjadi fokus utama dalam tata letak aquascape.

Rasamala Kecil

Rasamala Kecil
kayu rasamala S

Selain rasamala besar, jenis rasamala kecil juga banyak dimanfaatkan dalam aquascape.

Ukurannya yang lebih kecil memudahkan aquascaper dalam menata aquarium dengan lebih rapi dan terstruktur.

Kayu rasamala kecil juga dapat digunakan untuk menciptakan efek kedalaman dan perspektif dalam desain aquascape.

Variasi Lain Kayu Rasamala

Selain dua variasi ukuran di atas, terdapat pula variasi lain dari kayu rasamala yang dapat digunakan dalam aquascape.

Misalnya, kayu rasamala ukuran M (Medium), kayu rasamala lurus yang biasa nya digunakan untuk bahan jungle style, dan rasamala bercabang seperti akar kayu pada umumnya.

Cara Memperoleh Kayu Rasamala

Untuk memperoleh kayu rasamala di Indonesia untuk keperluan aquascape tidaklah sulit, karena stok nya sudah sangat melimpah.

Anda dapat menemukan nya di toko-toko aquarium, bahkan di toko online seperti shopee dan tokopedia.

Perlu digaris bawahi yaitu nama kayu rasamala yang populer dalam aquascape di Indonesia hanyalah nama pasar dari akar kayu yang sudah dikeringkan, bukan berarti jenis akar kayu yang digunakan benar-benar jenis kayu rasamala yang sebenarnya.

tanamanaquascape.id

Menyiapkan Kayu Rasamala untuk Aquascape

Sebelum digunakan dalam aquascape, kayu rasamala perlu disiapkan terlebih dahulu.

Langkah pertama adalah membersihkan kayu dari kotoran dan sisa-sisa tanah yang melekat. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan dan kualitas air aquarium.

Cara Membersihkan Kayu Rasamala

Untuk membersihkan kayu rasamala, Anda dapat menggunakan sikat lembut dan air bersih. Gosok perlahan permukaan kayu untuk menghilangkan segala kotoran dan debu yang menempel. Pastikan Anda membersihkan seluruh bagian kayu secara menyeluruh.

Merendam Kayu Rasamala

Setelah dibersihkan, tahap selanjutnya adalah merendam kayu rasamala dalam air selama beberapa hari.

Perendaman ini bertujuan untuk melepaskan zat-zat yang dapat mempengaruhi kualitas air aquarium.

Umumnya, kayu rasamala perlu direndam selama 3-7 hari, tergantung pada ukuran dan kondisi kayu.

Dengan memperhatikan tahapan menyiapkan kayu rasamala ini, Anda dapat memastikan bahwa kayu yang digunakan dalam aquascape bebas dari kontaminan dan siap untuk ditempatkan dalam aquarium.

Perawatan Kayu Rasamala dalam Aquascape

Setelah digunakan dalam aquascape, kayu rasamala perlu dirawat dengan baik agar tidak cepat membusuk dan menjaga stabilitas pH air.

Langkah-langkah perawatan kayu rasamala yang harus diperhatikan meliputi beberapa hal penting.

Menghindari Pembusukan

Untuk menghindari pembusukan pada kayu rasamala, kita perlu memastikan bahwa kayu tidak terkena cahaya matahari langsung.

Paparan sinar matahari dapat mempercepat proses degradasi dan pembusukan pada kayu.

Selain itu, menjaga kebersihan aquarium juga penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan alga yang dapat mempercepat pembusukan kayu.

Menjaga Stabilitas pH Air

Selain itu, kita juga perlu memantau stabilitas pH air secara berkala. Kayu rasamala dapat mempengaruhi pH air aquarium, sehingga perlu dilakukan penyesuaian jika terjadi perubahan yang signifikan.

Menjaga pH air pada kisaran yang sesuai akan membantu menjaga kesehatan ikan dan kelestarian ekosistem aquascape.

Nama Pasar Akar Kayu dalam Aquascape

Dalam dunia aquascape, kayu rasamala sering disebut dengan istilah “akar kayu” atau “driftwood“.

Nama pasar ini mencerminkan bentuk dan fungsi kayu rasamala yang mirip dengan akar pohon yang hanyut di sungai, namun memiliki tekstur dan corak yang unik.

Istilah ini sering digunakan oleh para aquascaper untuk merujuk pada kayu rasamala yang digunakan dalam desain aquarium mereka.

Selain “akar kayu” atau “driftwood”, ada juga beberapa nama pasar lain yang sering digunakan untuk merujuk pada nama pasar akar kayu dalam aquascape, seperti “kayu hanyut” atau “kayu terapung”.

Namun, pada umumnya, istilah “akar kayu” atau “driftwood” adalah yang paling sering digunakan dan dikenali oleh para pecinta aquascape di Indonesia.

Penggunaan istilah-istilah ini mencerminkan karakteristik visual dan fungsi kayu rasamala yang dimanfaatkan oleh para aquascaper untuk menciptakan desain aquarium yang indah dan alami.

Dengan memahami nama pasar akar kayu dalam aquascape, kita dapat lebih mudah mengidentifikasi dan memilih jenis kayu rasamala yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya aquascape yang diinginkan.

Kayu Rasamala Aquascape

hardscape kayu rasalama aquascape
hardscape herry rasio

Dalam dunia aquascape, kayu rasamala aquascape menjadi pilihan populer bagi para penggemar, karena kemampuannya untuk menghadirkan suasana alami dan memperkaya tampilan visual aquarium.

Selain itu, kayu rasamala juga relatif mudah didapatkan dan dirawat, sehingga memudahkan aquascaper dalam membangun dan mempertahankan aquascape mereka.

Berbagai bentuk dan ukuran kayu rasamala dapat dimanfaatkan untuk menciptakan aquascape yang variatif.

Mulai dari potongan-potongan kayu yang lebih kecil untuk membentuk struktur dasar, hingga kayu rasamala yang berukuran lebih besar untuk menjadi fokus utama dalam desain aquarium.

Kreativitas dan inovasi para aquascaper sangat menentukan bagaimana kayu rasamala aquascape dapat dimanfaatkan secara optimal.

Jenis Kayu RasamalaKarakteristikKegunaan dalam Aquascape
Rasamala BesarMemiliki ukuran yang lebih besar, tekstur yang kuat, dan corak yang lebih beragam.Dapat digunakan sebagai fokus utama atau struktur dasar aquascape yang lebih besar.
Rasamala KecilMemiliki ukuran yang lebih kecil, tekstur yang lebih halus, dan corak yang lebih sederhana.Dapat digunakan sebagai aksen atau pengisi ruang dalam aquascape yang lebih kecil.
Variasi LainMemiliki bentuk, ukuran, dan corak yang beragam, tergantung pada asal-usul dan proses pertumbuhannya.Dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan desain aquascape yang diinginkan.

Dengan memahami karakteristik dan keunggulan kayu rasamala aquascape, para aquascaper dapat memanfaatkan bahan ini secara optimal untuk menciptakan desain aquarium yang memukau.

Kreativitas, inovasi, dan eksperimentasi terus-menerus menjadi kunci untuk menghadirkan aquascape yang unik dan tahan lama.

Harga Kayu Rasamala

Harga kayu rasamala untuk keperluan aquascape dapat bervariasi tergantung pada ukuran, bentuk, dan kualitas kayu.

Secara umum, harga kayu rasamala berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 500.000 per potong, tergantung pada kriteria yang diinginkan oleh para aquascaper.

Jenis Kayu RasamalaHarga Perkiraan
Rasamala KecilRp 20.000 – Rp 30.000
Rasamala SedangRp 30.000 – Rp 150.000
Rasamala BesarRp 150.000 – Rp 500.000

Harga yang tercantum di atas adalah perkiraan umum dan dapat bervariasi tergantung pada lokasi pembelian, kualitas, dan kondisi kayu rasamala yang diperoleh.

Aquascaper disarankan untuk melakukan perbandingan harga dari berbagai sumber sebelum memutuskan pembelian.

Kesimpulan

Kayu rasamala (Altingia excelsa) telah menjadi salah satu bahan utama dalam dunia aquascape, baik untuk akuarium air tawar maupun air laut.

Karakteristik alami kayu rasamala yang tahan lama di dalam air, tidak mudah membusuk, dan memiliki corak visual yang menarik, membuat bahan ini banyak diminati oleh para aquascaper.

Dengan memahami jenis-jenis, cara memperoleh, dan teknik perawatannya, kami dapat memanfaatkan kayu rasamala untuk menciptakan desain akuarium yang unik dan estetik.

Melalui pemahaman yang komprehensif tentang kayu rasamala, kami berharap dapat mendorong para aquascaper di Indonesia untuk terus berkreasi dan menciptakan desain akuarium yang inovatif, serta menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ramah.

Customer Service
Scroll to Top
Enable Notifications OK No thanks